Jenis Lovebird Yang Cantik, Menawan dan Paling Banyak Diminati !!

Diposting pada

Jenis lovebird merupakan jenis burung dengan ciri-ciri kicauannya yang khas. Burung ini juga memiliki warna yang cerah, indah dan eksotis. Harganya yang cukup mahal tak menyurutkan minat para pecintanya untuk memilikinya. Harga mahal tersebut tentu akan terbayarkan dengan kepuasan yang didapatkan dari kualitas burung ini.

Lovebird (burung cinta) yang berasal dari genus Agapornis merupakan jenis burung nuri/beo. Namanya diambil dari tingkah lakunya yang terkenal sebagai burung penyayang satu sama lain.

Warna dasar dari burung ini sebetulnya sederhana, akan tetapi karena rekayasa genetika/perkawinan silang pada burung ini menghasilkan warna yang indah dan menawan. Semakin unik, cantik dan langka maka akan semakin tinggi pula harganya. 

Jenis lovebird

 

BACA JUGA : 

Langsung saja yuk kita intip berbagai jenis burung lovebird yang cantik dan menawan versi ulahkita.com yang dapat menambah wawasan anda.

 

1. Lovebird Biola

 

Jenis lovebird ini memiliki harga yang cukup mahal. Harganya berkisar dari 1 juta s/d 5 juta rupiah. Harga itu bergantung pada tingkat kegacoran burung ini.

Warna hijau pada burung ini sekilas mirip dengan lovebird lainnya namun bila anda amati lebih spesifik akan nampak perbedaan warna hijau pada lovebird lainnya. Beberapa helai bulunya merupakan kombinasi dari warna hijau dengan hijau muda dan ada pula yang berpadu dengan warna kuning terang. Gradasi warna hitam dan putih pada bagian ujung sayapnya menambah kecantikan dari jenis lovebird ini.

 

jenis lovebird biola
Jenis Lovebird Biola

 

Warna tudung dan punggung burung ini tidak selalu oranye dan hijau. Ada pula yang memiliki warna biru dan putih pada bagian tudungnya serta punggungnya yang berwarna hitam.

 

2. Lovebird Muka Salem 

 

Burung jenis ini berasal dari Afrika (Namibia dan Angola). Ciri spesifik burung ini yaitu pada bagian tubuhnya didominasi oleh warna hijau, serta pada bagian muka sampai dadanya berwarna merah muda atau oranye.

 

Jenis lovebird muka salem
lovebird muka salem

 

Burung ini memiliki postur yang masuk kategori kecil yakni panjang badan ± 17 s/d 18 cm, panjang sayap ± 106 mm serta ekor ± 44 s/d 52 mm.

 

3. Lovebird Batman

 

jenis lovebird batman
lovebird batman

 

Namanya sangat identik dengan penampilan burung ini yang menyerupai tokoh batman. Ciri khas dari burung jenis ini yaitu sayap dan tudungnya berwarna hitam pekat. Sedangkan tubuh bagian bawah sayap berwarna abu-abu.

Jenis lovebird batman atau biasa disebut lovebird hitam ini memiliki harga yang bergantung pada warna tubuhnya. Semakin hitam pekat warnanya akan semakin mahal juga harganya. Selain itu, kelangkaan dari burung jenis ini juga membuat harganya semakin meroket. Tidak sedikit dari pecinta burung ini memeliharanya sebagai burung hias karena keunikan warnanya yang eksotik dan memukau.

 

4. Lovebird Albino

 

Burung lovebird yang satu ini memiliki keunikan yang membuatnya sangat mudah untuk dikenali. Jenis burung ini hanya memiliki satu warna saja yang mendominasi tubuhnya yaitu berwarna putih cerah.

Bisa dikatakan kesalahan genetiklah yang menyebabkan terciptanya burung lovebird jenis ini. Kesalahan rekayasa genetik tersebut membuatnya gagal memproduksi warna lain sehingga burung ini hanya memiliki warna putih pada seluruh bagian tubuhnya.

 

jenis lovebird albino
Jenis lovebird albino

 

Albino merupakan jenis lovebird yang tidak begitu gacor kicauannya bila dibandingkan dengan lovebird lainnya. Namun penampilan warna yang indah dan menawan serta kelangkaan populasi burung jenis ini menyebabkan harganya yang cukup mahal.

Harga anakan lovebird albino mata hitam berkisar mulai dari 800 ribu s/d 1 juta, untuk harga dewasa lovebird albino mata hitam mencapai 1,4 juta s/d 1,6 juta. Sedangkan untuk anakan lovebird albino mata merah berkisar antara 2,8 juta s/d 3 juta, harga dewasa lovebird albino mata merah mencapai 4 juta s/d 5 juta.

 

5. Lovebird Parblue

 

Partial blue merupakan asal muasal dari nama lovebird jenis parblue ini. Dalam bahasa Indonesia, parblue berarti separuh biru. Warna bulu burung ini separuh biru pada tubuh bagian bawah dan separuh berwarna kuning pada tubuh bagian atas.

Harga burung lovebird jenis ini cukup mahal yaitu berkisar 5 juta s/d 20 juta. Bukan karena suara kicauannya melainkan keunikan dan kecantikan warna pada burung ini menjadi indikator dalam menentukan harga jual per ekornya.

Ciri khas dari burung ini yaitu terdapat gradasi warna biru pada bulu bagian badan dan kuning pada bulu bagian leher. Kecantikan burung ini membuatnya selalu diminati pecintanya meskipun harganya yang mahal.

 

Jenis lovebird parblue
jenis lovebird parblue

6. Lovebird Olive

 

Rekayasa genetik mampu membuat gradasi warna yang unik dan cantik pada burung lovebird jenis ini. Jenis burung lovebird olive memiliki perpaduan warna hijau (gelap) dan warna kuning. Warna hijau terdapat pada bagian punggung dan sayap. Sedangkan bagian ekor dan ujung sayap berwarna hitam.

Burung ini termasuk jenis burung kicau yang cukup populer bagi kalangan pecinta burung. Dalam ajang kontes burung kicau, lovebird olive sering menjadi primadona dalam beberapa ajang kontes. Memiliki corak warna yang unik serta kicauannya yang menawan menjadikannya familiar sebagai objek jual beli di pasar burung. 

 

lovebird jenis olive
jenis lovebird olive

7. Lovebird Australian Cinnamon

 

Yup betul, lovebird ini memang berasal dari Australia. Dalam habitat aslinya, jenis burung ini mencukupi nutrisinya dengan mengonsumsi kayu manis. 

 

jenis lovebird connamon
jenis lovebird cinnamon

 

Warna kuning cerah yang mendominasi seluruh tubuhnya membuat Australian Cinnamon terlihat sangat cantik. Ciri lainnya yaitu paruh indah yang berwarna peach. Burung ini juga memiliki daya tahan tubuh yang kuat dibandingkan dengan lovebird jenis lain. Selain itu, burung ini juga tidak sensitif yang artinya tidak mudah stres.

Soal suara, burung ini memiliki suara yang terbilang biasa saja. Namun soal estetika keindahan, burung ini layak diacungi jempol. Lihat saja penampilannya… sangat cantik bukan?? 🙂

 

8. Lovebird Dakocan

 

Bila anda mati sepintas, lovebird dakocan hampir menyerupai lovebird biola. Namun warna hitam pada bagian kepala serta warna hijau pada bagian tubuhnya menjadi pembedanya. Warna kuning/oranye pada bulu bagian leher serta memiliki lingkaran mata berwarna putih menjadi ciri khas burung ini.

 

jenis lovebird dakocan
Jenis lovebird dakocan

 

Dalam habitatnya, burung ini bersifat bergerombol/berkelompok dengan kawanannya. Tujuannya untuk menghindar dari predator yang siap memangsanya. Hal ini sangat berbeda dengan jenis lovebird lainnya yang hanya beraktivitas dengan pasangannya saja. Burung jenis ini termasuk sensitif yang berarti mudah stres.

 

9. Lovebird Euwing

 

Tiga warna (oranye, kuning dan hijau) yang ada pada bulu lovebird jenis ini menyerupai warna yang berasal dari ras asli jenis lovebird. Faktanya, lovebird euwing ini merupakan hasil perkawinan silang antara lovebird lutino dengan lovebird hijau.

Nama euwing merupakan singkatan dari dua kata yaitu kata Eumelamin dan Wing yang artinya memiliki corak pada bagian sayap. Selain itu, warna sayap dan ekor pada burung ini merupakan perpaduan antara hitam dan kuning.

 

10. Lovebird Lutino

 

Ciri khas dari burung jenis ini adalah warna yang terang dan mencolok. Warna kuning terang yang mendominasi bagian tubuh serta warna oranye pada bagian leher hingga kepala.

 

Jenis lovebird lutino
jenis lovebird lutino

 

Lovebird jenis ini cukup populer bagi sebagian masyarakat karena keindahan warnanya meskipun harganya lumayan mahal yaitu sekitar ± 2 juta. Apabila warna bulu yang dihasilkan semakin terang, maka akan semakin tinggi pula harga jual burung ini.

Selain estetika keindahan yang ada pada burung ini, performa kicauan nya juga boleh diperhitungkan. Karena burung ini memiliki suara yang gacor apabila nutrisi yang diberikan selalu mencukupi serta perawatan yang maksimal.

 

11. Lovebird Dakori

 

jenis lovebird dakori
jenis lovebird dakori

 

Sepintas burung ini mirip dengan lovebird dakocan dan lovebird hijau. Cara membedakannya dengan melihat bagian lehernya yang mana dakori memiliki warna hitam pekat pada bagian leher.

Kelemahan dari burung jenis ini adalah daya tahan tubuhnya yang kurang baik (ringkih). Perawatan ekstra sangat diperlukan dalam pemeliharaan burung jenis ini sebagai langkah preventif terhadap bibit penyakit. Namun semua itu akan terbayarkan karena burung ini memiliki suara yang gacor dan bisa ngerol.

 

12. Lovebird Josan (Ijo Standart)

 

jenis lovebird josan
jenis lovebird josan

 

Lovebird jenis ini paling banyak diminati oleh masyarakat pecinta burung kicauan. Namun kebanyakan yang berminat dengan lovebird jenis ini merupakan para pemula yang boleh dibilang baru mengenal dunia “burung cinta”.

Mau lihat gacornya burung lovebird josan??

Klik video berikut ini : 

lovebird Josan video
Klik video untuk menonton

 

Ketersediaan yang cukup banyak dipasaran serta harganya yang relatif terjangkau menjadi penyebab banyaknya para pemula yang melirik lovebird josan ini. Meskipun harganya terbilang murah dibandingkan dengan lovebird lainnya, namun jenis ini sering diikutsertakan dalam kontes burung kicau. Tak jarang burung josan ini yang menjadi juara kontes tersebut. Karena burung jenis ini memiliki suara yang lebih keras bahkan terdengar sangat lantang.

Lovebird josan mudah dikenali karena memiliki warna hijau terang pada bagian punggung dan sayapnya. Pada bagian dada sampai dengan perut berwarna kuning. Sedangkan pada bagian leher dan kepala berwarna sedikit kemerahan.

Demikianlah ulasan singkat mengenai berbagai lovebird yang paling banyak peminatnya. Semoga bermanfaat bagi seluruh pembaca yang budiman.

salam hormat

ulahkita.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *