Jenis Lalapan Segar, Enak dan Bermanfaat Bagi Tubuh

Diposting pada

Jenis lalapan yang bermanfaat bagi tubuh ] — Secara umum, masyarakat Indonesia khususnya pulau jawa sudah terbiasa menjadikan sambal dan lalapan sebagai pelengkap dalam makanan.

Belum lengkap rasanya jika makan sambal tanpa didampingi lalapan. Rasanya yang segar/fresh menjadikan makanan utama semakin nikmat dan menambah selera. Selain segar, lalapan juga memiliki banyak khasiat bagi tubuh.

Mari langsung saja kita simak apa saja jenis sayur lalapan yang bermanfaat bagi tubuh yang makin menambah cita rasa makanan utamamu menjadi lebih mantab !

  • KEMANGI

Hampir diseluruh warung makan lalapan menyediakan kemangi sebagai lalapan utama pendamping sambal. Bau nya yang khas menjadikan kemangi sebagai penambah nafsu makan. 

Aroma kemangi akan semakin keluar jika daun nya dipatahkan serta dikunyah dalam mulut.

Selain dijadikan lalapan, banyak juga yang menambahkan kemangi dibeberapa menu masakan seperti : Pepes, pecel, karedok, terancam, urap dll.

Selain rasanya enak, kemangi termasuk jenis sayur lalapan yang bermanfaat bagi tubuh. Manfaat kemangi antara lain : menghilangkan bah tak sedap dalam mulut, menurunkan berat badan, mengobati batu ginjal, menghilangkan stress, menjaga kesehatan jantung serta dapat mengobati sakit tenggorokan.

sayur lalapan bermanfaat bagi tubuh
Daun kemangi
  • SELADA 

Selain rasanya enak dijadikan lalapan, selada yang dalam bahasa latinnya disebut Lactuca sativa merupakan sumber antioksidan dan vitamin A, C dan K yang menjadikan sayur lalapan yang bermanfaat bagi tubuh.

Selain itu, tekstur nya yang renyah menjadikannya sayur lalapan yang banyak disukai masyarakat. Selada juga tidak mengandung kalori, jadi baik dikonsumsi untuk orang yang sedang menjalani diet.

sayur lalapan yang bermanfaat bagi tubuh
Daun selada

Daun selada banyak mengandung air serta vitamin A dan K yang baik untuk menjaga kesehatan kulit agar tidak kering. Selain itu selada juga baik dalam menjaga kesehatan jantung dan mencegah osteoporosis. Jenis makanan yang biasa menggunakan selada yaitu lalapan, burger dan salad.

  • DAUN PEPAYA

sayur lalapan yang bermanfaat bagi tubuh
Daun pepaya

Selain buahnya yang bisa dikonsumsi, daun dari pohon pepaya ini juga cukup populer dikalangan pecinta lalapan. Daunnya bisa dikonsumsi mentah ataupun direbus terlebih dahulu.

Meskipun rasanya pahit, namun tak menurunkan minat masyarakat untuk tetap mengonsumsi daun pepaya ini sebagai lalapan maupun olahan sayur. Rasa pahit yang dikeluarkan justru menambah variasi cita rasa makanan bagi para pecintanya.

Daun pepaya ini juga termasuk jenis sayur lalapan yang bermanfaat bagi tubuh. Manfaatnya meliputi : mencegah kanker, mencegah alergi, mencegah maag, memperbaiki sistem pencernaan, sebagai antioksidan yang mencegah radikal bebas.

  • MENTIMUN 

sayur lalapan yang bermanfaat bagi tubuh
lalapan mentimun

Lalapan ini sangat mudah ditemui dipasaran dan menjadi lalapan wajib dalam menu makanan. Selain dijadikan lalapan, mentimun juga bisa dijadikan acar, rujak, salad dan sayur mentimun.

Yuk kita lihat video kak Ila ketika mencicipi berbagai macam lalapan yang biasa dikonsumsi masyarakat Indonesia. Klik video berikut ini :

sayur lalapan
Video review mengenai berbagai jenis lalapan Indonesia

Teksturnya yang renyah serta rasanya yang enak bila disandingkan dengan sambal, semakin menambah kesegaran bagi penikmatnya.

LIHAT JUGA :

Mentimun termasuk jenis sayur lalapan yang bermanfaat bagi tubuh diantaranya : sebagai antioksidan, rendah kalori (baik untuk diet), tinggi kandungan air (meningkatkan hidrasi), mengontrol tekanan darah, kontrol glukosa (diabetes), menjaga kesehatan usus serta mencegah osteoporosis.

  • TERONG BULAT HIJAU

Terong sebenarnya merupakan jenis buah-buahan. Namun di Indonesia, menjadi hal lumrah dalam mengonsumsi terong yang disandingkan dengan makanan pokok (nasi). Oleh sebab itulah terong dikenal sebagai sayur-sayuran.

Lalapan terong bulat
Terong bulat hijau

Tekstur dagingnya yang renyah dan memiliki bau khas, dapat menambah nafsu makan bagi penikmatnya. Selain dijadikan lalapan, terong juga biasa disajikan dalam bentuk olahan masakan antara lain : balado terong, oseng terong, terong saus tauco dll.

Selain rasanya yang enak, terong juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh antara lain : mengontrol asam lambung, mencegah osteoporosis, rendah kalori (diet), merawat kulit, menyehatkan jantung, kontrol gula darah, mencegah kanker serta mengontrol kolesterol tubuh.

  • POHPOHAN

Daun pohpohan memiliki bau khas seperti mint. Tanaman ini termasuk Urticaceae Pilea yang tersebar dibeberapa negara seperti Vietnam, India, Sri Lanka, Tiongkok dan Taiwan.

Daun pohpohan
Lalapan daun pohpohan

Secara sekilas, daun pohpohan menyerupai daun sirih. Namun pohpohan memiliki bulu dan permukaan daun yang kasar. Sensasi segar dan bau khas dari tanaman ini membuatnya cocok untuk dijadikan lalapan dengan sambal terasi atau sambel mentah. Selain menjadi lalapan, daun pohpohan juga bisa dijadikan olahan masakan yaitu pepes ikan, pecel sayur, dan tumis daun pohpohan.

Pohpohan juga termasuk jenis sayur lalapan yang bermanfaat bagi tubuh antara lain : Mengandung vitamin A, B, C., menjaga imunitas tubuh, mencegah dehidrasi, mencegah dimensia (penurunan daya ingat), menjaga kesehatan mata, penangkal radikal bebas, mengurangi nyeri haid, mencegah osteoporosis, menjaga kelembaban kulit, mengatur tekanan darah dan mengontrol kadar gula darah.

  • DAUN JAMBU METE

Selain diambil buah dan bijinya, tanaman ini juga dapat diambil daunnya untuk dijadikan lalapan. 

Meskipun memiliki rasa yang agak pahit serta teksturnya yang keset, namun tak sedikit masyarakat yang gemar mengonsumsi lalapan daun ini. 

Disandingkan dengan nasi, sayur asem, sambal, ikan asin, tempe dan tahu menjadi menu makanan yang sangat cocok untuk menyantap lalapan daun jambu mete. Selain dijadikan lalapan, pucuk daun jambu mete juga bisa dijadikan rujak.

Daun jambu mete termasuk sayur lalapan yang bermanfaat bagi tubuh antara lain : mengatasi influenza, mengobati sariawan, mengatasi sembelit, mengobati radang, meredakan sesak nafas, menurunkan demam, mencegah hipertensi serta mencegah reumatik.

lalapan daun jambu mete
Lalapan daun jambu mete
  • BELUNTAS

Didaerah Jawa Barat, daun beluntas sangat populer dijadikan untuk lalapan. Masyarakat biasa mengonsumsi daun beluntas mentah atau direbus terlebih dahulu. Rasa dan aroma khasnya dihasilkan dari minyak astiri yang dihasilkan tanaman ini.

Lalapan daun beluntas
Lalapan daun beluntas

Beluntas merupakan tanaman semak yang biasanya dijadikan pagar halaman rumah. Tanaman ini termasuk jenis sayur lalapan yang bermanfaat bagi tubuh karena zat yang terkandung didalamnya seperti : senyawa antibakteri (alkaloid, flavonoid dan tannin).

Senyawa tersebut bersifat aktif yang bersifat antibakteri. Sehingga daun ini dapat dijadikan sebagai obat tradisional untuk mangatasi penyakit bakterial seperti infeksi usus (diare), menghilangkan bau mulut, menghilangkan bau badan, mengatasi perut kembung, menjaga kesehatan kulit serta menjaga kesehatan rahim.

  • PETE

lalapan pete
lalapan pete

Siapa yang tidak kenal dengan Petai atau biasa disebut pete (Parkia speciosa). Buah yang satu ini biasa dijadikan lalapan dalam berbagai makanan seperti sambal pete, lalapan pete goreng, sambal goreng pete, pepes, pecel, urap, trancam, campuran aneka sayur tumis dll.

Bau dari buah pete yang khas serta tekstur dagingnya yang renyah semakin menambah nafsu makan bagi pecintanya. Meskipun rasanya agak pahit dan getir tidak mengurangi peminat buah tersebut. Bagi anda yang tidak suka dengan bau mulut yang ditinggalkan setelah mengonsumsi pete, disarankan untuk tidak mengonsumsi pete. Karena buah ini meninggalkan aroma bau tidak sedap pada mulut.

Buah ini termasuk jenis sayur lalapan yang bermanfaat bagi tubuh diantaranya : meningkatkan mood/rileks yang diperoleh dari serotonin (berasal dari triptofan yang telah diubah), mengatasi sakit pinggang, mengatasi diabetes, mengontrol kadar gula darah, mencegah serangan jantung, mengurangi kolesterol, mencegah anemia dan lainnya.

  • JENGKOL

Aroma khas yang dihasilkan dari makanan yang berasal dari jengkol menjadikannya populer dikalangan penikmat lalapan dan selalu digemari masyarakat sebagai makanan olahan. 

Jengkol (Archidendron pauciflorum) yang biasa dijadikan lalapan adalah jengkol yang masih muda. Sedangkan untuk jengkol tua biasanya diolah menjadi berbagai jenis makanan seperti semur, tumis, gulai, rica-rica dan jengkol goreng.

jengkol muda
lalapan jengkol

Tanaman yang termasuk bangsa polong-polongan (fabales) ini memiliki segudang manfaat bagi tubuh antara lain : mencegah diabetes, menjaga kesehatan jantung, menyembuhkan maag, menguatkan tulang dan gigi, menangkal radikal bebas, mencegah anemia dll.

  • KOL

Ayam penyet, pecel lele, pecel ayam, pecel sayur, karedok, gado-gado, salad dan lain sebagainya selalu menjadikan kol sebagai lalapan. Masyarakat Indonesia sudah tak asing lagi dengan kol atau biasa disebut kubis ini. Sayuran ini sangat mudah ditemui dipasaran dengan harga yang termasuk murah.

lalapan kol
lalapan kol/kubis

Rasanya yang manis dengan tekstur renyah menjadikannya pendamping sambal yang cocok bila disandingkan dengan aneka lauk pauk.

Selain dari rasa dan teksturnya yang cocok sebagai lalapan, ternyata kol juga termasuk sayur lalapan yang bermanfaat bagi tubuh yaitu : meminimalisir resiko terjadinya kanker, mengatasi kanker payudara, meningkatkan imunitas, menjaga kesehatan jantung, mengatur tekanan darah serta memperlancar sistem pencernaan.

Baca Juga :

Demikianlah ulasan singkat mengenai jenis sayur yang biasa digunakan sebagai lalapan serta bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat bagi seluruh pembaca yang budiman.

salam hormat

ulahkita.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *