budidaya ayam petelur
ayam petelur

Budidaya Ayam Petelur | Prospek Bisnis Sangat Menguntungkan

Diposting pada

Budidaya ayam petelur merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan dan mulai diminati oleh sebagian masyarakat. Selain itu, harga telur yang semakin mahal juga akan mendorong minat sebagian masyarakat dalam membudidayakan ayam petelur ini.

 

Pengertian Ayam Petelur

 

Ayam petelur merupakan ayam yang sengaja diternakkan untuk menghasilkan telur. Rata-rata ayam petelur mampu menghasilkan 200 butir telur per tahun.

Budidaya ayam petelur ini tergolong cepat karena pada usia ayam 20 minggu sudah mampu menghasilkan telur dengan lama produksi hingga ± 65 minggu. Namun, pada umumnya puncak produksi ayam petelur terjadi pada usia 28 s/d 38 minggu. 

Meskipun dalam pelaksanaannya terlihat mudah, namun dalam teknis pemeliharaan ayam petelur ini memerlukan konsentrasi dan perhatian khusus untuk memperoleh hasil yang optimal.

Berikut ini aspek-aspek yang harus kamu perhatikan dalam pembudidayaan ayam petelur.

 

1. Pemilihan Bibit Ayam Petelur

 

Kunci keberhasilan dari budidaya ayam petelur adalah pemilihan bibit ayam petelur yang berkualitas. Ada dua jenis bibit ayam petelur yang biasa dibudidayakan antara lain : 

–> Ayam petelur putih (ringan)

Jenis ayam petelur putih memiliki ciri-ciri bobot tubuh lebih ringan dibandingkan dengan ayam petelur coklat. Selain itu, jenis ayam petelur putih ini juga sangat mudah untuk kamu jumpai di pasaran. Produksi telur untuk ayam jenis ini bisa mencapai ± 260 s/d 280 butir per tahunnya. Telur yang dihasilkan ayam ini biasanya berwarna putih. Selain itu, ayam petelur ini memiliki sensitifitas yang tinggi terhadap suara dan panas.

Budidaya Ayam Petelur Bagi Pemula

Budidaya Ayam Petelur Bagi Pemula
Gambar Ilustrasi Ayam Petelur Putih

–> Ayam petelur cokelat (medium)

Ayam petelur jenis ini memiliki postur tubuh lebih besar dari ayam petelur putih. Selain menghasilkan telur, ayam ini juga bisa menjadi ternak potong (dwiguna). Warna bulu ayam ini cenderung berwarna coklat begitupun juga telurnya. Produksi telur ayam jenis ini bisa mencapai ± 270 s/d 290 butir pertahunnya.

Ayam Petelur Cokelat
Gambar Ilustrasi Ayam Petelur Cokelat

Hal yang harus kamu perhatikan dalam memilih bibit ayam petelur meliputi : 

  • DOC berasal dari indukan yang sehat dan berkualitas
  • Bibit ayam harus dalam keadaan sehat
  • Anakan ayam petelur tidak cacat
  • Nafsu makan baik
  • Karakteristik bulu halus dan mengkilap
  • Pertumbuhan baik
  • Lincah dan gesit
  • Bobot badan harus ideal

 

2. Mempersiapkan Lokasi Kandang

 

  • Jauh dari pemukiman warga

Aspek yang harus kamu perhatikan dalam budidaya ayam petelur adalah mempersiapkan lokasi yang strategis dalam membuat kandang. Strategis yang dimaksud antara lain : jauh dari pemukiman warga untuk menghindari bau kotoran, vektor penyakit serta untuk menghindari stres pada ayam petelur akibat suara bising.

Budidaya Ayam Petelur Bagi Pemula

contoh lokasi kandang
Lokasi Kandang Jauh Dari Pemukiman Penduduk
  • Transportasi

Sarana dan prasarana transportasi juga harus kamu perhatikan. Selain itu, dalam menentukan lokasi kandang, kamu juga harus mempertimbangkan kemudahan kegiatan operasional pembudidayaan. Selain itu, kemudahan akses transportasi juga menjadi salah satu aspek penting yang harus kamu perhitungkan. Karena, hal ini akan sangat berguna dalam mengangkut hasil produksi.

Budidaya Ayam Petelur Bagi Pemula

Transportasi
Tersedia Sarana dan Prasarana Transportasi
  • Bangunan kandang bersifat tetap dan tidak berpindah-pindah

Dalam membuat kandang sebaiknya dibuat tetap dengan bangunan kandang permanen atau kandang semi permanen.

Selain itu, lokasi budidaya ayam petelur yang berpindah-pindah tentunya berdampak pada turunnya daya beli konsumen atau stakeholder terhadap peternakan tersebut.

 

Baca juga : Jenis Ayam Bangkok, Jenis Ayam Aduan Super Yang Paling Banyak Dicari

 

3. Persiapan Kandang dan Peralatan Kandang

 

A. Kandang 

Kandang merupakan komponen penting dalam budidaya ayam petelur. Tipe kandang yang biasa digunakan untuk pemeliharaan ayam petelur ada dua jenis yaitu : kandang koloni dan kandang baterai. Setiap tipe kandang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. 

Kelebihan kandang tipe koloni adalah kamu bisa menempatkan ayam dalam jumlah yang banyak dalam satu kandang. Sedangkan kekurangan dari tipe kandang jenis ini adalah ayam bisa bertelur diatas lantai/litter dan akam memerlukan tenaga khusus untuk mengambilnya.

Budidaya Ayam Petelur Bagi Pemula

kandang koloni
Gambar Ilustrasi Kandang Koloni

Sedangkan tipe kandang baterai, ruangan kandang yang sempit dan terbatas menyebabkan ayam bisa fokus dalam bertelur. Selain itu, kandang tipe ini akan lebih mudah dalam mengambil hasil produksi (telur) dari pada kandang koloni.

kandang baterai
Gambar Ilustrasi Kandang Baterai

Kelebihan lainnya adalah kandang ini dapat ditumpuk menjadi 4 tingkat sehingga tidak banyak memakan tempat. Selain itu, kandang ini juga memiliki kekurangan yaitu membutuhkan modal yang cukup besar dalam pembuatan kandang ini. Jika jumlah ayam banyak, maka membutuhkan kandang yang banyak pula karena umumnya setiap kandang hanya berisikan satu ekor ayam saja.

B. Temperatur kandang

Temperatur yang ideal untuk ayam petelur berkisar antara 23°C s/d 28°C. Selain itu, pergantian musim di Indonesia juga sangat memengaruhi temperatur kandang. Oleh karena itu, suhu kandang harus diupayakan selalu ideal untuk ayam petelur agar produktivitasnya tidak terganggu. Tak hanya itu, bila memungkinkan lakukan penambahan lampu serta pemanas untuk menjaga kestabilan temperatur (kondisional).

C. Kelembaban kandang

Indonesia umumnya memiliki kelembaban yang tinggi. Kelembaban yang terlalu rendah atau kering dapat menurunkan produktivitas ayam petelur. Kelembaban yang ideal dalam budidaya ayam petelur ini berkisar antara 60 s/d 70%.

D. Tata letak bangunan kandang

Dalam pembuatan bangunan kandang diusahakan kandang membujur dari timur ke barat. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir sorotan sinar matahari secara langsung yang masuk ke dalam kandang. 

Budidaya Ayam Petelur Bagi Pemula

Pengaturan tata letak kandang sesuai dengan usia ayam yang dipelihara juga perlu kamu lakukan untuk mempermudah kegiatan operasional seperti pemberian jumlah dan jenis pakan yang seragam, pemberian vitamin, intensitas cahaya yang seragam serta meminimalisir penularan penyakit pada usia yang berbeda.

E. Tempat pakan

Tempat pakan yang biasa digunakan biasanya terbuat dari pipa paralon yang dibelah menjadi dua bagian. Selain pipa, kamu juga bisa menggunakan bambu yang dibelah menjadi dua bagian. Selain itu, kamu juga bisa memodifikasi tempat pakan dengan membentuk pipa paralon menjadi bentuk trapesium juga perlu kamu lakukan untuk meminimalisir pakan yang jatuh.

Budidaya Ayam Petelur Bagi Pemula

Budidaya Ayam Petelur Bagi Pemula
Gambar Ilustrasi Tempat Pakan

F. Tempat minum

Idealnya tempat minum yang terdapat pada budidaya ayam petelur bisa menggunakan nipple. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan botol bekas air mineral yang sudah modifikasi. Namun, penggunaan botol bekas harus selalu terjaga kebersihannya agar tidak menjadi sumber penyakit.

Budidaya Ayam Petelur Bagi Pemula

Budidaya Ayam Petelur Bagi Pemula
Gambar Ilustrasi Tempat Air Minum (Nipple)

G. Lampu dan pemanas kandang

Untuk meningkatkan serta menjaga produktivitas ayam petelur, tentunya sangat membutuhkan intensitas cahaya yang baik. Penerangan kandang dapat kamu lakukan pada malam hari atau pada siang hari bila cuaca mendung atau gelap. Sedangkan untuk pemanas (gasolec), bisa kamu pertimbangkan dari keadaan cuaca sekitar area kandang.

H. Tempat ransum 

Dalam prakteknya, tempat ransum merupakan tempat untuk menaruh ransum/pakan dalam ukuran dan jumlah yang beragam. Biasanya kandang dengan tipe koloni menggunakan tempat ransum dalam memberi pakan.

Budidaya Ayam Petelur Bagi Pemula

I. Tempat telur

Wadah untuk menaruh telur menjadi suatu benda yang harus ada guna memudahkan operator dalam melakukan koleksi telur serta meminimalisir telur kotor. Bentuk tempat telur ini bisa berupa kotak berukuran 30 x 35 x 40 cm. Tempat telur biasanya berada pada sudut kandang untuk memudahkan koleksi telur dari luar kandang.

J. Litter 

Alas lantai kandang (litter) yang bisa kamu pakai dapat berupa sekam padi atau serbuk gergaji dengan ketebalan ± 10 cm.

Budidaya Ayam Petelur Bagi Pemula

Budidaya Ayam Petelur Bagi Pemula
Gambar Ilustrasi Litter (serbuk gergaji)

Bahan litter yang kamu gunakan sebaiknya sudah melewati tahapan biosecurity dan sanitasi yang optimal. Dengan melakukan proses fumigasi pada litter yang akan digunakan sebagai alas, dapat meminimalisir virus, bakteri dan jamur yang bersarang dalam litter.

 

4. Pemberian Pakan Ayam Petelur

 

Pakan merupakan komponen penting dalam budidaya ayam petelur. Pakan yang berkualitas merupakan pakan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, kalsium, mineral serta vitamin yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi ayam. 

Budidaya Ayam Petelur Bagi Pemula

pemberian pakan ayam
Gambar Ilustrasi Pemberian Pakan Ayam Petelur

Pakan yang diberikan pada setiap fase ayam tidaklah sama. Karena setiap fase membutuhkan nutrisi yang berbeda-beda.

A. Fase starter (usia 0 s/d 4 minggu)

Pada fase ini ayam membutuhkan 1.520 gr per ekornya hingga usia 4 minggu. Kandungan nutrisi yang ideal untuk ayam starter meliputi energi metabolisme sebesar 2800 – 3000 kkal, protein 22 – 24%, serat kasar 4%, lemak kasar 2,5%, Ca 1%, P 0,7 – 0,9%.

B. Fase finisher (usia > 4 minggu)

Pada fase ini ayam membutuhkan 3.829 gr per ekornya hingga usia 4 minggu. Kandungan nutrisi yang ideal untuk fase ini meliputi energi metabolisme 2900 – 3000 kkal, protein 18 – 21%, serat kasar 4,5%, lemak kasar 2,5%, Ca 1%, P 0,7 – 0,9%.

Budidaya Ayam Petelur Bagi Pemula

Kekurangan nutrisi pada ayam dapat menyebabkan terjadinya penurunan produktivitas. Oleh karena itu, kandungan nutrisi yang diberikan haruslah sesuai dengan kebutuhan nutrisi ayam itu sendiri karena akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan budidaya ayam petelur yang sedang kamu jalani.

 

5. Pemberian Air Minum

 

Saat bibit/DOC yang baru datang dari hatchery, pemberian air minum yang ditambahkan vitamin kepada  perlu kamu lakukan dengan tujuan supaya DOC tetap tenang setelah perjalanan agar mudah beradaptasi dengan lingkungan yang baru.

Budidaya Ayam Petelur Bagi Pemula

Perlu kamu ketahui bahwa ternak mengonsumsi air 2x lebih banyak dari pada konsumsi pakan. Oleh karena itu, ketersediaan air bersih yang cukup menjadi perhatian khusus dalam budidaya ayam petelur. Tak hanya itu, intensitas pemberian air minum pada ayam petelur juga harus kamu perhatikan. Berikanlah air minum secara adlibitum (tidak terbatas).

 

6. Biosecurity dan Sanitasi

 

Kebersihan merupakan faktor penting yang wajib kamu realisasikan dalam budidaya ayam petelur. Kandang yang bersih menjadikan ternak sehat yang dapat mempertahankan produktivitas secara optimal. 

Budidaya Ayam Petelur Bagi Pemula

Untuk mewujudkan kandang yang bersih, sangat memerlukan biosecurity dan sanitasi yang ketat mulai dari menjaga kebersihan peralatan kandang, minimalisir lalu lintas vektor (manusia, hewan liar, serangga dan kendaraan). Selain itu, kamu juga harus tetap melakukan pengontrolan berkala terhadap komponen pendukung yang dapat menimbulkan penyakit seperti pakan, air, kelembaban litter, sirkulasi udara dan area sekitar.

 

7. Vaksinasi

 

Kegiatan vaksinasi sendiri merupakan sebuah tindakan pencegahan untuk merangsang respon tubuh ternak dengan cara memasukan bibit penyakit dengan dosis tertentu. Hal ini bertujuan untuk dapat merangsang reaksi imunitas ternak yang secara langsung meningkatkan sistem kekebalan ternak. Selain itu, melalui vaksinasi, kita juga dapat melihat reaksi imunitas ayam terhadap bibit penyakit yang dapat menginfeksi ternak.

Jenis vaksin yang bisa kita berikan untuk ayam petelur secara detail silahkan klik : DISINI

Budidaya Ayam Petelur Bagi Pemula

contoh vaksin tetes mata
Gambar Ilustrasi Pelaksanaan Vaksin Tetes Mata

Dapat dikatakan jika vaksinasi itu merupakan langkah preventif dalam budidaya ayam petelur. Sebelum ayam terinfeksi penyakit tertentu, tujuan dari kegiatan vaksinasi adalah untuk mencegah penyakit yang akan muncul namun bukan berarti mencegah terjadinya infeksi pada ternak.

 

8. Panen

 

Pada usia 28 minggu biasanya ayam petelur sudah mulai berproduksi. Pada usia produktif ini kita harus benar-benar ekstra dalam memantau segala hal yang dapat menurunkan produktivitas agar tetap menjaga persistensi produksi semaksimal mungkin.

Budidaya Ayam Petelur Bagi Pemula

budidaya ayam petelur
Gambar Ilustrasi Hasil Panen Telur

Dalam satu hari, umumnya proses pengambilan telur (koleksi telur) dilakukan sebanyak 3x (pagi, siang, sore). Selain itu, dalam melakukan koleksi telur, operator harus berhati-hati agar kualitas telur tetap terjaga dan tidak membuat ayam menjadi stres.

Bentuk dan ukuran telur juga berpengaruh terhadap persentase produksi. Semakin banyak telur yang tidak normal (abnormal) maka semakin berkurang juga persentase produksi yang kita peroleh. Karena hal ini sangat erat kaitannya dengan meningkatnya nilai FCR (feed convertion ratio) yang berpengaruh terhadap efisiensi pakan.

Berikut ini telur yang termasuk dalam abnormal :

Budidaya Ayam Petelur Bagi Pemula

budidaya ayam petelur
Gambar Ilustrasi Telur Abnormal
  1. kerabang tipis/tidak halus
  2. bentuk telur tidak simetris (lonjong, bulat)
  3. berukuran kecil (berat < 46 gr)
  4. berukuran terlalu besar (berat > 62 gr)
  5. telur sangat kotor
  6. telur retak
  7. bila dimasukan ke dalam air dan telur tenggelam maka telur tersebut sudah busuk.

Telur dengan kriteria abnormal, harus kamu pisahkan (grading) dari telur normal sebelum kamu pasarkan. Jadi hanya telur yang berkualitas baik saja yang dipasarkan.

 

Baca Juga :

 

Demikianlah uraian singkat mengenai budidaya ayam petelur bagi pemula. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi pembaca yang budiman.

salam hormat

ulahkita.com

7 thoughts on “Budidaya Ayam Petelur | Prospek Bisnis Sangat Menguntungkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *